-->

WIKIARTIKELPEDIA Blog : Menulis ulasan informasi untuk masyarakat luas demi menambah wawasan penulis dan pembaca.

10 Grup Band Fenomenal Terbaik di Indonesia

advertise here
Grup Band Terbaik di Indonesia

Grup Band adalah sekumpulan orang atau musisi yang memainkan alat musik dan bernyanyi saling beriringan dengan tempo yang sama untuk menghasilkan nada berirama. Biasanya setiap personal dari grup ini memiliki cita-cita dan selerah aliran musik yang sama.

Grup Band pada umumnya terdiri dari 3 atau  labih musisi dimana setiap orangnya memiliki peran masing-masing. Sebahagian memainkan berbagai jenis alat-alat musik yang berbeda seperti gitar, bass, drum, keyboard, dan biasanya 1 orang dengan suara terbaik akan didaulat sebagai penyanyi/vokalis. Biasanya lagi untuk Grup Band sendiri memiliki Becking Vokal yang bertugas untuk memberikan harmoni vokal dengan vokalis utama.

Berikut WIKIARTIKELPEDIA akan memberikan informasi seputar 10 Grup Band Fenomenal Terbaik di Indonesia yang pernah mencapai pucak karir sebagai Grup Band dengan penjualan album terlaris di era keemasannya.

1. Koes Plus

Koes Plus adalah Grup Band populer di era 70-an. Berdiri pada tahun 1969, Koes Plus dianggap sebagai pelopor lahirnya aliran musik Pop dan rock 'n roll di Indonesia.

Koes Plus sendiri terdiri dari keluarga Koes Bersaudara. Sampai sekarang, Grup Band ini masih setia menghiasi dan mengibur para penikmatnya walaupun tidak sepopuler tahun keemasannya. Dan lagi Koes Plus sekarang hanya tinggal Yon yang aktif.

Beberapa lagu Koes Plus banyak dinyanyikan dan di aransemen ulang oleh Grup Band dan Penyanyi terkenal lainnya seperti Kahitna yang diketahui banyak mendaurulang lagu-lagu Koes Plus. Bahkan Grup Vokal Lex's Trio pernah membuat album yang secara khusus mengaransemen lagu-lagu Koes Plus secara keseluruhan.

Berikut susunan personil Koes Plus saat pertama kali dikenal banyak penikmat musik di Indonesia. John Koeswoyo (Bass), Tonny Koeswoyo (Gitar), Yon Koeswoyo (Rhythm Gitar), Yok Koeswoyo (Gitar Bass, Vokal) dan Nomo Koeswoyo (Drum).

2. God Bless

Pada tahun 70-an, bisa dianggap tahun-tahun kejayaan God Bless. Grup Musik rock pertama yang sampai hari ini masih memiliki banyak pemuja, khususnya mereka yang menyukai aliran musik rock yang sama dengan God Bless.

Personil God Bless sendiri terdiri dari Ahmad Albar (Vokal), Ian Antono (Gitar & Becking Vokal), Donny Fatah Gagola (Bass), Abadi Soesman (Keyboard), Fajar Satritama (Drum).

Nama God Bless sendiri terbentuk secara resmi pada tanggal 5 mei 1973 setelah sebelumnya bernama Crazy Wheels. Pada tahun 1975 God Bless mendapatkan kesempatan untuk menjadi Band pembuka konser Deep Purple di Jakarta. Dari sini dimulainya nama besar God Bless seperti sekarang ini. Sementara untuk salah satu lagu-lagu terpopuler God Bless  diantaranya adalah Rumah Kita, Menjilat Matahari, Setan Tertawa dan masih banyak lagi.

3. Slank

Slank, lahir 26 desember 1983 adalah Grup Musik beraliran rock dan blues. Band ini dibentuk dan dimotori langsung oleh Bimbim sang Drumer dimana ia juga sebagai personil yang banyak menciptakan lagu-lagu untuk Slank itu sendiri.

Sejarah panjang Slank sangatlah panjang untuk dijabarkan, tapi yang pasti Slank merupakan Grup Band berpengaruh di tanah air dengan bayaran termahal untuk sekali show. Pada tahun 2008, bayaran yang diterima Slank sekitar Rp 500.000.000.

Personil Slank : Bimbim (Drum), Kaka (Vokal), Ridho (Gitar), Ivanka (Bass), Abdee Negara (Gitar). Situs resmi : www.slank.com.

4. Dewa 19

Dewa 19 dibentuk pada tahun 1986 di Surabaya dan resmi bubar tahun 2011. Pada tahun 1992, Dewa 19 meluncurkan album pertama yang bertajuk "Kangen". Nuansa percintaan dalam album ini begitu kental dan beberapa lagu sempat menduduki tangga lagu di tanah air. Berbagai penghargaan juga pernah dicapai oleh Dewa 19 diantaranya BASF Award dan AMI Award.

Personil terakhir : Ahmad Dhani (Keyboard), Andra Junaidi (Gitar), Once Mekel (Vokal), Yuke Sempurna (Bass), Agung Yudha (Drum).

Pada tahun 2005 Majalah Hai menobatkan Dewa 19 sebagai Grup Band terkaya di Indonesia dengan pendapatan 14 miliar dalam setahun. Semua ini berkat keberhasilan Dewa 19 menjual 2 juta keping CD untuk album Bintang Lima pada tahun 2000.

5. Jamrud

Jamrud adalah band cadas yang berasal dari Indonesia, pertama kali terbentuk pada tahun 1984 di Cimahi, Jawa Barat dengan nama Jamrock. Jamrud sejak terbentuknya dibentuk oleh Azis Mangasi Siagian (gitar), Ricky Teddy (bass) dan Krisyanto (Vokal) serta dikenal sebagai grup musik yang sukses mengusung musik cadas sebagai musik populer di Indonesia pada tahun 1990-an.

Puncak kesuksesan komersial Jamrud adalah di album Ningrat pada tahun 2000 yang mencatat angka penjualan sebanyak 2 juta keping di Indonesia dengan kepopuleran single Surti Tejo dan Pelangi di Matamu di Indonesia. Album Ningrat mencatat sejarah dengan meraih anugerah 5 penghargaan AMI Award 2000. Sungguh luar biasa untuk sebuah Grup Band cadas.

6. KLa Project

KLa Project adalah kelompok musik asal Indonesia yang dibentuk oleh Katon Bagaskara (vokal,bass,gitar), Lilo (Romulo Radjadin) (gitar,vokal), Adi Adrian (keyboard,piano,synthesizer) dan Ari Burhani (drum) pada tahun 1988. Nama KLa sendiri diperoleh dari inisial personel band ini, sementara penggunaan huruf "A" kecil bertujuan untuk menandakan adanya dua personel yang memiliki inisial huruf "A" tersebut.

Album pertamanya berhasil dirilis pada tahun 1989 yang bertajuk "KLa" dengan beberapa lagu populer seperti Rentang Asmara, Tentang Kita, Waktu Tersisa dan LaguKu.

7. Sheila On 7

Sheila on 7 adalah salah satu Grup Band populer di Indonesia dengan personel Duta (Akhdiyat Duta Modjo, vokal), Eross (Eross Candra, gitar), Adam (Adam Muhammad Subarkah, bass), Brian ( drum). Grup yang berdiri di Yogyakarta, 6 Mei 1996 itu, awalnya bernama Sheila Gank yang diambil dari kata Sheila dari bahasa Celtic yang berarti musikal. Nama ini pun kemudian diubah menjadi On Seven, yang berarti tujuh tangga nada dalam musik.

Mengusung aliran Pop, Rock dan Alternative Rock, Sheila On 7 sempat sulit untuk menyebut warna musik apa yang sebenarnya dimainkan. Tetapi satu hal yang jelas adalah bahwa mereka berkeyakinan untuk memainkan “Sheila Music”, di mana ide-ide atau kreasi dalam bermusik dimunculkan secara spontan dan menampilkan lirik-lirik yang gampang dicerna serta konsep musik yang sederhana.

8. Peterpan atau Noah Band

Noah Band atau yang sebelumnya Peterpan atau yang sebelumnya lagi Topi adalah sebuah grup musik Pop/Rock alternatif dari Bandung. Grup musik ini dikenal sebagai grup musik paling terbesar atau paling terkenal di Indonesia, bahkan sedikitnya di dunia. Grup musik ini dibentuk pada tahun 2000 dan terkenal berkat lagunya "Mimpi Yang Sempurna".

Personil awal : Ariel (Vokal), Uki (Gitar), Lukman (Gitar), Andika (Keyboard), Indra (Bass), Reza (Drum). Situs resmi : www.noah-site.com.

9. Nidji

Nidji adalah grup musik yang beranggotakan enam orang asal Jakarta yang terdiri dari Giring Ganesha (Vokal), Andi Ariel Harsya dan Ramadhista Akbar (Gitar), Randy Danistha (Keyboard), Andro Regantoro (Bass), serta Adri Prakarsa (Drum). Nidji merupakan penyempurnaan nama dari kata Niji yang diambil dari bahasa Jepang yang berarti pelangi. Para personel telah menyukai dan menyetujui konsep dengan nama itu, karena kata Nidji sangat merefleksikan warna musik mereka yang beragam serta berbeda satu sama lain, namun bisa membiaskannya dalam satu warna musik.

Album perdana Nidji baru berhasil diluncurkan pada tahun 2006 yang bertajuk "Breakthru" walaupun Nidji sendiri telah terbentuk sejak tahun 2002. Dalam album ini terdapat 5 lagu (Sudah, Hapus Aku, Bila Aku Jatuh Cinta, Kau dan Aku dan Disco Lazy Time) yang semuanya sempat menduduki tangga lagu populer di Indonesia.

10 Geisha

Geisha merupakan sebuah grup musik asal Kota Pekanbaru  yang dibentuk pada tahun 2003. Grup musik ini beranggotakan 5 orang yaitu Momo (Vokal), Roby (Gitar), Nard (Bass), Dhan (Keyboard), dan Aan (Drum) Album pertamanya ialah Anugerah Terindah dirilis pada tahun 2009. Single pertama dari album ini berjudul Jika Cinta Dia, dan di susul dengan single kedua yang berjudul Tak Kan Pernah Ada, dan pada tahun 2010 mereka meluncurkan single yang ketiga dengan judul Selalu Salah & single keempat berjudul "Kamu Yang Pertama" yang langsung mendapat sambutan baik dari para penggemar musik di tanah air.

Demikian 10 Grup Band Terbaik di Indonesia versi WIKIARTIKELPEDIA. Bagaimana, apakah Anda sependapat untuk daftar Grup Band di atas atau Anda mau menambahkan lagi?, silahkan langsung berkomentar.

Click to comment