-->

WIKIARTIKELPEDIA Blog : Menulis ulasan informasi untuk masyarakat luas demi menambah wawasan penulis dan pembaca.

8 Situs Pertemanan Populer di Dunia dan Sejarah Pembuatan sekaligus Sang Pencipta

advertise here
Situs Jejaring Sosial Populer di Dunia

Era teknologi dan informatika sekaligus perkembangan dunia internet telah mengantarkan umat manusia di bumi masuk ke dalam ikatan sosial secara online. Itu dibuktikan dengan tercatatnya salah satu situs jejaring sosial yang menempati deretan alamat website yang paling banyak dikunjungi di seluruh dunia menurut Alexa Rank.

Ya, sekarang menjalin komunikasi atau sekadar bersilaturahmi dengan teman dan sanak famili dapat dengan mudah dilakukan melalui bantuan situs-situs pertemanan saat ini. Hebatnya, ditengah banyaknya situs-situs jejaring sosial yang ada masing-masing memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri sehingga para netter antusias untuk aktif di dalamnya.

Berikut WIKIARTIKELPEDIA akan memberikan informasi seputar 8 situs jejaring sosial populer di dunia saat ini dan proses berdirinya sekaligus sang penemu yang sampai sekarang masih sangat diminati dan terus berkembang.

1. FACEBOOK

FACEBOOK.com, tidak ada yang meragukan kepopuleran situs ini di mata dunia. Bagi mereka yang aktif berselancar di dunia internet, pasti sudah mengenal apa itu Facebook. Bahkan Facebook menempati urutan kedua alamat website paling sering dikunjungi setelah Google menurut Alexa Rank.

Sebuah situs yang memberikan layanan jejaring sosial yang mulai berdiri sejak bulan februari 2014. 8 tahun beridiri, tepatnya pada tahun 2012 Facebook mencatat sudah memiliki 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Sang pencipta Facebook sendiri adalah Mark Zuckerberg, salah satu pengusaha yang dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia berkat kepemilikan Facebook itu sendiri.

Sampai saat ini Facebook masih terus berkembang dengan berbagai fitur terbaru untuk menjaga konsistensi dan pecinta Facebook untuk tetap aktif menggunakan layanan Facebook.

Siapa yang menyangka, faktanya saat ini Facebook telah memiliki jumlah karyawan sebanyak 12.000 di seluruh penjuruh dunia. Facebook juga aktif membagikan saham mereka di pasar permodalan. Pada akhir tahun 2014, jumlah aset yang dimiliki Facebook sebesar US$40,184 miliar.

2. TWITTER

TWITTER.com, adalah situs jejaring sosial pesaing terberat Facebook. Alamat situs ini juga tercatat masuk dalam 10 besar Alexa Rank. Berdiri pada tanggal 21 maret 2006, Twitter menjelma menjadi alternatif kedua setelah Facebook untuk para netter bersosial secara online.

Situs ini diciptakan oleh Jack Dorsey. Pada pertengahan tahun 2015, jumlah pengguna aktif Twitter mencapai 302 juta dengan total jumlah karyawan 4.000. Sementara untuk urusan pendapatan, di tahun 2014 Twitter berhasil meraup untung sebesar US$1,4 miliar.

3. INSTAGRAM

INSTAGRAM.com, adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk kemudahan orang dalam berbagi foto ke internet. Di dalamnya terdapat fitur-fitur yang memungkinkan pengguna saling berinteraksi dengan cara memberikan komentar dalam foto.

Instagram berdiri pada tanggal 6 oktober 2010. Sementara untuk pencipta Instagram sendiri adalah Kevin Systrom dan Mike Krieger. Sistem oprasi aplikasi ini hanya dapat berjalan di perangkat iOs, Android dan Wondows Phone. 2 tahun berjalan, tepat pada tanggal 9 april tahun 2012 Facebook mengambil alih Instagram dengan prakiraan biaya pembelian $1 miliar.

4. PATH

PATH.com, masih berbasis sama dengan Instagram. Mulai diperkenalkan ke masyarakat sejak bulan november tahun 2010, Path berdiri secara independent. Sang pencipta Path sendiri adalah Dave Morin.

Penggunaan fitur bahasa di Path memiliki cakupan bahasa yang lebih banyak dibandingkan sang kompetitor Instagram. Total ada 21 bahasa yang telah menjadi bahasa pemograman di Path termasuk bahasa Melayu. Sementara untuk kantor pusat Path sendiri terletak di San Francisco, California, Amerika Serikat.

5. GOOGLE PLUS

PLUS.GOOGLE.com, dari namanya saja kita sudah dapat menduga kalau situs jejaring sosial yang satu ini adalah produk Google inc. Diperkenalkan pada tanggal 28 juni 2011,  Google Plus memiliki fitur andalan Hangouts yang memfasilitasi kelompok obrolan video (dengan maksimal 10 orang berpartisipasi dalam Hangout tunggal pada setiap titik waktu). Namun, siapa pun di web ini berkesempatan untuk bergabung dengan 'Hangout' jika mereka kebetulan memiliki URL yang unik dari Hangout tersebut.

Pada tahun 2011, Google Plus tercatat sudah memiliki 750 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Sayangnya kemajuan situs jajring sosial ini tidak begitu signifikan. Bahkan pengamat memprediksi Google Plus akan vakum dalam waktu dekat.

6. TUMBLR

TUMBLR.com, situs jejaring sosial yang satu ini diperuntukkan agar pengguna dapat berbagai konten multimedia secara online dalam bentuk Blog sederhana. Berdiri sejak tanggal 27 februari tahun 2007, Tumblr setidaknya sudah memiliki 175 karyawan per bulan mei tahun 2013. Di bulan dan tahun yang sama Tumblr berhasil diakuisisi oleh Yahoo dengan nilai biaya $1,1 miliar. Sementara untuk sang pencipta Tumblr sendiri adalah David Karp.

7. PINTEREST

PINTEREST.com, adalah situs jajaring sosial yang memungkinkan pengguna mengupload foto dengan label tertentu. Canggihnya situs ini dapat langsung terkoneksi ke akun-akun situs jejaring sosial Anda lainnya.

Pinterest diluncurkan pada tahun 2010 dan sudah hampir 12 juta pengguna aktif membagikan foto unik, menarik dan lucu mereka disini. Faktanya Pinterest lebih banyak dimanfaatkan seorang pengusaha online dalam memasarkan produknya secara online karena kegunaan fitur-fitur di Pinterest itu sendiri yang mendukung.

8. LINKED IN

LINKEDIN.com, adalah situs jejaring sosial yang lebih diperuntukkan bagi seorang pebisnis. Berdiri sejak tahun 2003. Tepat 4 tahun berselang tepatnya pada tahun 2007 Linkedin telah memiliki 14 juta pengguna aktif.

Linkedin diciptakan oleh Reid Hoffman. Tercatat pada tahun 2012 Linkedin memiliki jumlah karyawan sebanyak 2.500 dengan pemasukan di tahun sebelumnya tahun 2011 sebanyak $522 juta. Tahun 2016 Linkedin diakuisisi oleh Microsoft dengan nilai biaya $26,6 miliar atau setara dengan 349 triliun.

Sudahkah Anda memiliki akun situs jejaring sosial pada situs-situs layanan di atas?. Jangan sampai ketinggalan memanfaatkan kemajuan dunia teknologi yang dapat memudahkan Anda termasuk dalam menjalin hubungan ke teman atau bahkan keluarga. Karena secara waktu dan tempat ini lebih effisein dibandingkan dengan Anda harus bertemu secara langsung walaupun jelas memiliki rasa yang berbeda!

Click to comment